Selasa, 29 Maret 2011

DONGENG : ANGIN BARAT DAN ANGIN TIMUR

Pada suatu hari Angin Barat dan Angin Timur bertemu .dalam pembicaran mereka ,Angin Barat selalu membanggakan dirinya sebagai yang terkuat karena mampu merubuhkan pohon pohon besar, menenggelamkan perahu,kapal kapal besar pesawat terbang,  maka Angin Timur harus tunduk kepadanya. Mendengar  itu Angin Timur membalas “Tong Kosong NYaring Bunyinya, bunyi besar tidak harus berarti  yang terkuat ;PAI TITE TAAN IKE BAIN KELEWEK. Perdebatan terus berlangsung ,akhirnya Angun Barat berkata,”kalau itu maksudmu,mari kita cari  seorang hakim “

                     Mereka  akhirnya sepakat meminta kesedian  Raja Ebo untuk menjadi hakim .Raja Ebodia bersedn mulailah melaksanakan acara “PATA IKE BAIN KELEWAK”.Raja Ebo menjelaskan aturan pertandingan. Dihadapan mereka  kira –kira 100 meter jaraknya duduk seekor keradi atas sebua pohon .Raja Ebo berkata “siapa nyang sanggup menjatukan kera itu ,dialah yang terkuat “.Undian di cabut dan Angin Barat yang lebih dahulu .
                    Dengan sombongnya Angi Barat maju dengan suara karas “GOE PII BAO WARAT AMA, LAKUSA KUDA WANI “lalu meniup dengan kencang ,pohon itu mulai beroyang .Kera sadar bahwa ia sedang bahaya ,maka  iapun memegang ranting pohondengan keras  . Angin Barat bertiup semakin kencang ,rebut . Pohon pun terus bergoyang namun kera tidak jatu.Habislah kekuatan Angin Barat .Raja Ebo mempersilakan Angin Timur untuk mulai .Dengan tenang Angin Timur majuh dan juga dengan  suara keras berteriak”GOE PIIN GUNA ANGIN LAMATUTU DEWA LATAN BINTURA “ lalu mulailah meniup ,menghembus perlahan lahan……,sepoi….sepoi.Pohon bergerak sesuai tiupan angin,kera terbuai.ketika kera mulai tertidur ,Angin Timur mengeluarkan kekuatan terakhir,meniup dengan keras dan seketika itu juga kera jatuh. Melihat kera jatuh,Angin Timur melompat kegirangan sambil berteriak “goe pii Guna Angin Lamatutu, Dewa Latan Bintura rakaka bu tri lau jawa ”(akulah Angin Timur yang bias bertiup sampai di jawa =dengan ketenagan menguasai dunia ini).
Raja Ebo lalu berkata :  “Pertandingan ini dimenangkan oleh angin tetapi bukan  dia yang terkuat .Angin Barat tak perlu kepada Angin Timur.Kita semua ciptaan Tuhan. Kita semua diberikan fungsi dan tugas masing –masing.  Angin Barat, berkuasa dimusim barat dengn membawa hujan, sehingga semua tanaman bisa tumbuh hidup dan berbuah, sedangkanAngin Timur berkuasa dimusim kemarau yang menyebabkan tanaman bisa matang dan siap untuk dimenfaatkan. 

2 komentar:

  1. Rm. Konradus Hancu, SMM7 Januari 2012 21.16

    Terima kasih ceriteranya. Sangat menarik dan bermakna. Nilai kerja sama sangat terasa dan tidak perlu yang satu menyombongkan diri kepada yang lain.

    BalasHapus
  2. Romo terima kasih banyak atas kunjungannya..mudah mudahan banyak lagi cerita rakyat yang bisa di tulis di sini.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar ria